advertisements
advertisements
Gambar Bergantian
PANGAN  

Jelang Iduladha 1445 H : Pemkab Temanggung Jamin Kesehatan dan Ketersediaan Hewan Kurban

advertisements

TEMANGGUNG (RASTRA.NEWS) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung menjamin kesehatan dan ketersediaan hewan kurban dalam menghadapi Iduladha 2024. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Temanggung Joko Budi Nuryanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan pemeriksaan terhadap kesehatan hewan kurban.

“Seperti pemberian vitamin dan obat cacing telah dilakukan petugas guna memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat dan siap dikurbankan,” jelas Joko Budi Nuryanto di Temanggung, Rabu 12 Juni 2024.

Ia mengatakan, pemeriksaan antemortem itu tidak hanya dilakukan di pasar-pasar hewan di seluruh kecamatan di Temanggung, melainkan juga di para petenak dan tempat-tempat penjualan hewan kurban.

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan tim kesehatan tidak ditemukan hewan kurban, kambing, maupun sapi yang terindikasi terserang penyakit, khususnya PMK dan LSD,” imbuhnya.

Joko Budi menegaskan, sebenarnya penyakit PMK dan LSD itu menyerang hewan sapi, sementara untuk hewan kambing relatif lebih aman. “Tidak ada ke kambing kurban, karena kambing itu lebih peka secara pencernaan, penyakitnya itu simpel dan jarang, biasanya kalau kambing itu cuma kembung,” tegasnya.

Sementara itu, DKPPP Temanggung telah melakukan pendataan dan proyeksi kebutuhan hewan kurban pada Iduladha tahun ini. “Kebutuhan hewan kurban tercukupi, sapi kurban kebutuhannya 2.000 sampai 2.500 ekor, sementara ketersediaan mencapai 20 ribu ekor. Untuk kambing kurban kebutuhan tercatat sebanyak 16 ribu ekor dan ketersediaannya sebanyak 400 ribu ekor lebih,” jelasnya.

Untuk harga kambing di kisaran harga Rp2 juta hingga Rp2,5 juta per ekor, dan sapi di kisaran harga Rp15 juta hingga Rp20 juta per ekor.

“Harganya itu tidak berbeda dengan tahun kemarin, hanya saja sekarang ini harga 2,5 juta itu sudah mendapat kambing berukuran besar. Kalau tahun kemarin kan berukuran sedang, kalau sapi harganya bervariasi,” pungkasnya.

Facebook Comments Box
Open chat
Halo 👋
Mau Hubungi RASTRA.NEWS?