advertisements
advertisements
Gambar Bergantian
MABES  

Polri Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116

advertisements

JAKARTA (RASTRA.NEWS) – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) turut serta memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 116 dengan menyelenggarakan upacara di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2024).

Irwasum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri bertindak selaku Inspektur Upacara. Turut diikuti oleh jajaran Pejabat Utama Mabes Polri, ASN dan anggota dari berbagai satuan.

Irwasum menyampaikan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Budi Arie Setiadi. Momen Harkitnas kali ini terdapat peluang dan tantangan baru dengan adanya kemajuan teknologi.

“Kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan oertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa,” ujar Irwasum.

Irwasum mengatakan, kemajuan teknologi kini menjadi bagian dari peradaban. Inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner.

“Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Adagium di zaman ini jelas, dian yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. DI titik ini, gambaran makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas,” tuturnya.

Irwasum mengatakan transformasi digital dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas binis. Sementara itu, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Transformasi digital, lanjut Irawasum, akan membuka peluang Indonesia untuk keluar dari middle-income trap. Perekonomian Indonesia harus tumbuh di kisaran 6 hingga 7% untuk dapat mencapai target negara berpendapatan tinggi atau negara maju pada tahun 2045.

“Dengan pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Bapak Presiden Joko Widodo yang dipacu beberapa tahun terakhir ini, tantangan demi tantangan dapat kita hadapi bersama. Kerja bersama dari seluruh komponen bangsa telah menggerakkan roda transformasi dengan pasti. Hasil demi hasil bisa mulai dinikmati, mulai dari kalangan perkotaan sampai dengan pedesaan, di seluruh penjuru tanah air,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Irwasum menyebut kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi Indonesia hari ini. seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi, potensi transformasi digital, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045.

“Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045,” tutupnya.

Facebook Comments Box
Open chat
Halo 👋
Mau Hubungi RASTRA.NEWS?