advertisements
advertisements
advertisements

BSSN Gelar Kick-Off Meeting Pengelola Kinerja Organisasi Tahun 2024

advertisements

Jakarta, Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) melalui Biro Perencanaan dan Keuangan BSSN, menggelar Kick-Off Meeting Pengelola Kinerja Organisasi Badan Siber dan Sandi Negara TA 2024 di Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center, Jakarta pada Rabu (7/2/2024).

Ini merupakan salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dengan menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) sesuai Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP.

Untuk mewujudkan akuntabilitas kinerja pemerintah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tersebut, BSSN telah mengatur pengelolaan kinerja melalui Peraturan BSSN Nomor 14 Tahun 2019 yang menjadi pedoman dalam pengelolaan kinerja organisasi hingga kinerja individu pegawai. Salah satu pilar penting dalam implementasi peraturan tersebut adalah adanya Pengelola Kinerja Organisasi (PKO) yang mengelola kinerja organisasi secara berjenjang mulai dari level organisasi, eselon I hingga eselon II dan Kepala UPT.

Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan BSSN Agung Kurniawan Purbohadi mengatakan melalui kesempatan yang sangat berharga ini mengajak unit kerja meningkatkan implementasi SAKIP di lingkungan BSSN.

“Saya mengajak seluruh unit kerja untuk dapat mengimplementasikan organisasi berbasis kinerja (performance based organization) sehingga pada akhirnya akan dapat memperkuat akuntabilitas atas penyelenggaraan program dan kegiatan di lingkungan BSSN pada tahun 2024”, ujarnya saat membuka kegiatan tersebut.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi anggaran melalui berbagai upaya yang konkret. Mengingat, dengan keterbatasan alokasi anggaran APBN yang ada pada DIPA BSSN 2024, maka program dan kegiatan yang dijalankan hendaknya benar-benar dapat dipastikan memiliki manfaat positif bagi masyarakat/stakeholders.

“Melalui agenda Kick-Off Meeting PKO Tahun 2024 ini juga untuk me-refresh kembali pengetahuan dan pemahaman kita mengenai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah,“ imbuh Agung.

Kegiatan Kick-Off Meeting ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh PKO tentang kebijakan/regulasi terkait upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) melalui implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), dan pelaksanaan tugas pengelolaan data kinerja organisasi di lingkungan BSSN termasuk memastikan dokumen perencanaan kinerja (updating informasi kinerja) unit kerja tahun 2024.

Hadir sebagai narasumber yaitu Asisten Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementrian PAN-RB, Kamaruddin yang memaparkan mengenai apa itu SAKIP, bagaimana implementasi dan evaluasi SAKIP, serta bagaimana strategi pemenuhan dan upaya peningkatan SAKIP Kementerian/Lembaga melalui kualitas kinerja yang efektif, efisien dan akuntabel. Sedangkan narasumber internal BSSN adalah Perencana Ahli Muda Biro Perencanaan dan Keuangan BSSN diantaranya Yeni Setiawan, Elizabeth Imelda Yani, dan Alvian Badawi Hardjono.

Facebook Comments Box
Open chat
Halo 👋
Mau Hubungi RASTRA.NEWS?