advertisements
advertisements
advertisements
BERITA  

Pemudik yang Ingin Ikut Arus Balik Gratis Bisa Naik KM Dobonsolo

advertisements

JAKARTA (RASTRA.NEWS) – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PELNI (Persero) bersiap melayani arus balik untuk penugasan angkutan gratis sepeda motor dari Semarang menuju Jakarta. Keberangkatan pertama arus balik dengan KM Dobonsolo diberangkatkan pada Sabtu (13/4/2024) dan kedua pada Senin (15/4/2024).

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI, Evan Eryanto mengatakan, pemudik yang sudah melakukan pendaftaran melalui Kementerian Perhubungan dapat mendatangi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk melakukan registrasi ulang di tanggal keberangkatan dengan membawa bukti registrasi dan identitas diri dan STNK. Bagi pemudik yang belum mendaftarkan diri, dapat langsung mendatangi pelabuhan atau go-show.

“Jangan kuatir, petugas registrasi tetap melayani pendaftaran go-show, nanti disediakan jalur khusus calon peserta go-show. Kami berharap pemudik motor dapat memanfaatkan program mudik gratis ini untuk mengurangi risiko di perjalanan,” ucap Evan sebagaimana dikutip DesentraLNEWS pada Sabtu (13/4/2024).

Data per Jumat (12/4), jumlah pendaftar arus balik gratis sepeda motor untuk keberangkatan pertama sebanyak 2.362 peserta dengan 1.020 unit motor dengan kuota 2.400 peserta dan 1.200 unit motor.

“Sementara untuk keberangkatan kedua telah terdaftar 2.432 peserta dengan 1.008 unit sepeda motor dengan kuota yang sama seperti keberangkatan pertama, dengan lama perjalanan Semarang – Jakarta selama kurang lebih 14 jam,” tambah Evan.

Kedua keberangkatan arus balik akan menggunakan KM Dobonsolo, kapal penumpang PELNI yang telah dimodifikasi sebagai kapal 3in1. Kapal buatan Jerman pada 1992 itu dapat mengangkut sekaligus penumpang, peti kemas dan kendaraan roda empat maupun sepeda motor.

Kapal yang sama sebelumnya telah mengangkut pemudik sepeda motor dari Jakarta menuju Semarang pada 5 dan 7 April dengan realisasi total pemudik sebanyak 6.507 peserta. Jumlah tersebut masih sedikit dibawah realiasi mudik gratis sepeda motor pada 2023 yang sebanyak 6.852 peserta.

Facebook Comments Box
Open chat
Halo 👋
Mau Hubungi RASTRA.NEWS?