advertisements
advertisements
advertisements
SIBER  

Menkominfo Bekerjasama dengan Tony Blair Institute, Dukung Uji Coba Konektivitas Digital IKN

advertisements

JAKARTA (RASTRA.NEWS) – Uji coba penyediaan konektivitas digital dengan memanfaatkan teknologi satelit Low Earth Orbit (LEO) di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) Provinsi Kalimantan Timur yang akan berlangsung pada Mei 2024 didukung Tony Blair Institute for Global Change (TBI).

“Dalam konteks kondisi geografis yang beragam di Indonesia, kita harus memilih teknologi yang sesuai. Teknologi satelit bisa menjadi solusi yang lebih ekonomis,” Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, dalam keterangannya di Jakarta, seperti dikutip pada Sabtu (20/4/2024).

Budi Arie mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh lembaga yang didirikan mantan Perdana Menteri Inggris selaku Dewan Penasehat IKN tersebut.

Dukungan TBI diharapkan akan memudahkan implementasi konektivitas digital di IKN dan pengembangannyaa sebagai kota cerdas (smart city).

“Kami menyambut baik dukungan dari TBI dalam pelaksanaan uji coba internet Starlink di IKN. TBI menyediakan sejumlah perangkat yang akan terpasang di berbagai  titik lokasi,” tuturnya.

Wamenkominfo Nezar Partia menambahkan, TBI akan membuat studi mengenai kedaulatan dan keamanan data berkaitan dengan penggunaan teknologi satelit.

“Bukan cuman Starlink sebenarnya. Tapi lebih pada konektivitas. Starlink hanya salah satu contoh konektivitas yang tadi kita diskusikan secara teknologi dia proven apa enggak untuk mengatasi problem konektivitas di daerah yang tertinggal, terdepan, terluar (3T),” ungkap Nezar.

Sebelumnya, Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Tony Blair, Founder dan Executive Chairman Tony Blair Institute for Global Change (TBI) melakukan pertemuan untuk membahas intensifikasi kerja sama pemanfaatan teknologi dan perluasan konektivitas digital nasional.

Country Director TBI Indonesia Shuhaela Haqim mengungkapkan, pertemuan tersebut merupakan langkah awal untuk perumusan inisiatif peyediaan akses internet yang lebih luas di Indonesia.

Dia menegaskan dukung penuh TBI untuk upaya akselerasi transformasi digital di Indonesia dengan pembangunan infrastruktur digital yang berkelanjutan.

“Dukungan dari TBI mencerminkan komitmen bersama untuk menerapkan solusi teknologi yang inovatif. Ini bertujuan untuk memanfaatkan penuh potensi digital Indonesia dan mempromosikan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan,” tuturnya.

Sekedar informasi, sebelum bertemu Menkominfo, Tony Blair juga melakukan pertemuan tertutup dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara Jakarta Pusat dan bertemu dengan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan.

Facebook Comments Box
Open chat
Halo 👋
Mau Hubungi RASTRA.NEWS?